Minggu, 09 Oktober 2011

Kertas Kalkir


Dalam dunia desain kita mengenal beberapa kertas yang biasa digunakan para desainer untuk merancang desain atau gambar mereka, salah satunya yaitu kertas kalkir. Dengan adanya kertas kalkir ini para pendesain dapat lebih mudah menyelasaikan gambar yang mereka buat dan untuk menggunakan kertas kalkir inipun terbilang sangat mudah dibandingkan dengan kertas lain. Mengapa, karena kertas kalkir ini dirancang dengan stuktur seperti sebuah kaca bening yang dapat dilihat tembus dari permukaan kebagian belakang kertas kalkir tersebut. Jadi bisa dibilang kertas kalkir ini adalah bagian terakhir dari penyelesaian sebuah desain, entah itu bangunan rumah ataupun bangunan lainnya.

Berikut adalahn ukuran Kertas Kalkir : 

Cara menggunakan kertas kalkir.
Dari uraian diatas mungkin teman masih bingung atau berpikir terlalu jauh ke angkasa…hehehe. Nah saya akan jelaskan cara menggunakan kertas kalkir tersebut dalam membuat desain yang sekarang mungkin lagi dijalani teman atau ingin mencoba menggunakan kertas kalkir. Saya akan jelaskan cara menggunakan kertas kalkir sesuai pengalaman saya :
  1. Dari desain yang ingin teman gambar sebaiknya jangan digambar langsung dengan menggunakan kertas kalkir, digambar dulu disebuah kertas sketsa seperti kertas HVS ataupun kertas lainnya yang dapat dijadikan sarana untuk menyelesaikan sketsa teman selain dari kertas kalkir. 

  2. Dalam menggambar sketsa sebaiknya menggunakan pensil dulu sampai selesai sketsanya.

  3. Ketika selesai membuat sketsanya baru teman salin atau ciplak dengan cara meletakan kertas kalkir diatas kertas sketsa yang teman buat tadi kemudian mulai digambar ulang dengan menggunakan pena gambar atau yang biasa disebut Rapido.
Dari uraian diatas teman pasti tahu apa tujuannya dan pasti ada pertanyaan kenapa tidak digambar langsung diatas lembaran kertas kalkir. Nah jawabannya karena kalau teman gambar langsung dengan menggunakan kertas kalkir hasilnya tidak akan sama dengan cara yang saya uraikan. Karena kalau digambar langsung diatas kertas kalkir teman harus gambar dulu kan sketsanya dengan menggunakan pensil setelah itu baru teman menggunakan pena gambar atau Rapido untuk lebih terang hasil gambarnya. Nah, disinilah letak kesalahannya karena ketika teman selesai menggambar teman pasti membersihkan atau menghapus sisa pensil yang teman gunakan untuk membuat sketsanya dan disaat teman hapus sisa pensilnya pena gambarpun akan sedikit ikut terhapus dengan pensilnya dan hasilnya tidak rapih dan bersih atau tidak jelas.
Nah kalau teman penasaran atau ingin mencobanya silahkan saja dan lihat berbedaannya. OK

Sampai sini saja ya teman….entar kita lanjut lagi dengan materi yang berbeda dan yang pastinya saya akan beritahu kepada teman tentang hal-hal kecil disamping kita yang kita remehkan. Ok teman. Asslmkm^_^

0 komentar:

Poskan Komentar

KomENtarNya maNA teM@N...hehehehe

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More